Lembaga Penelitian Universitas Gadjah Mada

 
 
     
  Edisi 2005  
Agustus  
Juli  
Juni  
  Mei  
     
Download
1. Lingkup Penelitian Ketahanan dan Keamanan Pangan
2. Coastland agroforestry 2004
3. Pengembangan Teknologi Pasca Panen
4. Rangkuman Topik Klaster Agro-2005
5. Rancangan penelitian klaster agro
6. Proposal klaster agro
7. Revised proposal Integrated farming
8 White paper ketahanan pangan

Ringkasan Pertemuan Klaster Agro

              Rapat dan diskusi rutin bulanan Klaster Agro direncanakan akan dilaksanakan pada setiap hari Selasa setiap minggu kedua. Apabila diperlukan, dapat mengadakan rapat tambahan secara khusus

Pada hari Selasa, tanggal 7 Juni 2005 jam 13.00-15.00, telah dilaksanakan rapat rutin Klater Agro di R Siang Lembaga Penelitian UGM. Rapat membahas ulang proposal penelitian unggulan mutidisipliner klaster agro "Pertanian terpadu berbasis padi, oleh Dr. Ir. Triwidodo dan "Integrated farming pada lahan marginal" oleh Prof. Suhardi, dengan melibatkan sebanyak mungkin peneliti terkait dan memanfaatkan sepenuhnya lahan KP4 dan fasilitas laboratorium-laboratium di LPPT maupun lingkungan Agro-komplek. Rapat dihadiri 17 anggota klaster, yaitu: Prof. Dr. Sri Raharjo, Dr. Triwidodo, Dr. Irfan DP, Prof. Dr. Moh. Na'iem, Prof. Dr. Nazrulah, Prof. Dr. Suhardi, Dr. Taryono, Dr. Cahyono Agus, Dr. Diah TW, Dr. Kurniasih, Prof. Dr.Jesmant, Dr. Asmarani, Prof. Dr. Tranggono, Dr. Purnama Darmaji., Sunarto Ciptohadijoyo, SU, Bambang S, DEA, Dr. Wisnu Nurcahyo.

Dalam rapat berkembang diskusi yang menarik. Untuk lebih menampung partisipasi seluruh klaster agro, maka juga dikembangkan tema leboh besar yang diharapkan lebih sinkron dengan ruh kerakyatan UGM dan program Nasional, berupa "Ketahanan dan keamanan pangan" yang dapat menjangkau seluruh anasir tema integrated farming yang sedang dibicarakan. Tema ini akan memerinci tentang ketersediaan, distribusi, keamanan dan diversifikasi pangan agar dicapai kecukupan dan kesehatan pangan. Prof. Dr. Sri Raharjo dimohon untuk membuat outline dan road map penelitian unggulan multidisipliner Klaster Agro agar masing-masing peneliti dapat berkontribusi langsung sesuai dengan keahliannnya masing-masing. Diharapkan proposal Klaster Agro tidak hanya sekedar mengejar profit dan insentif tetapi lebih mengedepankan benefit dengan adanya kontribusi langsung pada masyarakat.

Rapat lintas Klaster dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 14 juni 2005. Klaster Agro mempresentasikan payung penelitian "Ketahanan dan keamanan pangan". Lingkup ketahanan pangan terdiri atas: ekstensifikasi pertanian, intensifikasi pertanian, diversifikasi pangan, revitalisasi industri pasca panen & pengolahan panga, revitalisasi & restrukturisasi kelembagaan pangan, dan kebijakan makro. Lingkup keamanan pangan terdiri atas: infrastruktur, kelembagaan, sistem pengawasan, sistem manajemen, data dan indikator keberhasilan program keamanan pangan. Tema payung unggulan Klaster Agro ini diharapkan mampu untukmenjawab masalah dan tantangan yang berupa: ketersediaan pangan, distribusi pangan, konsumsi pangan, pemberdayaan masyarakat, dan manajemen. Selanjutnya akan dibentuk tim Task Force dari masing-masing klaster untuk menjadi tim UGM untuk menyusun rancangan penelitian unggulan.

Diinformasikan bahwa ada 16-26 pos dana honorarium penelitian di LPPM masing-masing sejumlah Rp. 12,64 juta untuk honorarium bagi penelitian yang akan dikreasi tahun ini dan diharapkan akan mendapatkan sumber dana lain yang tidak menyediakan pos honorarium.  Kegiatan penelitian harus bisa diselesaikan bulan Nopember 2005. Perinciannya, untuk setiap klaster yang menjaring dari masing-masing Fakultas akan mendapat 4-6 pos. Peneliti dari berbagai Fakultas dapat langsung mengirim dari Fakultas atau lewat Klaster paling lambat 15 Juni 2005.

Ketua: Prof. Dr. Sri Raharjo (sraharjo@ugm.ac.id) Sekretaris: Dr. Cahyono Agus (acahyono@ugm.ac.id). KELOMPOK KERJA PENGEMBANGAN RISET: Prof. Dr. Sri Raharjo, Prof. Dr. Prapto, Dr. Syamsul Arifin, Dr. Triwidodo, Prof. Dr. Bambang Hadisutrisno, Prof. Dr. Chafid Fandeli, Dr. Ronggo Sadono, Dr. Irfan DP, Prof. Dr. Azwar Maas, Handojo HN, M.Sc, Dr. Ngadiman, Prof. Dr. Moh. Na'iem, Prof. Dr. Nazrulah, Dr. Dony W., Prof. Dr. Suhardi, Dr. Cahyono Agus, Dr. Diah TW, Dr. Kurniasih, Dr. Wihandoyo, Soejakso,M.Sc, Dr. Subur P, Dr. Trisakti H, Dr. Musyafa, Dr. Hidayat S, Dr. Siti S, Prof. Margino, Prof. Dr. Susamto, Prof. Dr.SM Widyastuti, Dr. Arman W, Prof.Dr.Jesmant, Dr. Wahyu S, Dr. RC HIdayat, Dr. Triyanto, Dr. Asmarani, Dr. Taryono,  Dr. Iwan Yusuf, Prof.Dr. Tranggono, Dr. Makmudun, Dr. JP Gentur, Dr. Purnama Darmaji., Sunarto Ciptohadijoyo, SU, Prof. Dr. Joedoro Soedarsono, Prof. Soeparno, Dr. Eni Harmayani, Widodo MSc, Dr. Endang S Rahayu, Dr. Benito, Nasih WY, MP, Bambang S, DEA., Dr. Abdul Syukur, Y. Suranto, MP

Klaster Penelitian Agro Lembaga Penelitian UGM adalah Forum Komunikasi para peneliti yang terkait dengan bidang Agro kompleks di lingkungan UGM, terutama dari Fakultas Kedokteran Hewan, Kehutanan, Pertanian, Peternakan dan Teknologi Pertanian serta peneliti lain yang terkait.

Ketua: Prof. Dr. Sri Raharjo (sraharjo@ugm.ac.id)

Sekretaris: Dr. Cahyono Agus (acahyono@ugm.ac.id)

 

Untuk bergabung dalam diskusi penelitian unggulan Klaster Agro UGM, dapat langsung datang dalam rapat rutin bulanan Klaster Agro atau silahkan kirim e-mail ke: AgricultureCluster_GMU-subscribe@yahoogroups.com, sraharjo@ugm.ac.id atau acahyono@ugm.ac.id